Why are People So Judgmental?

“But reality is, everybody has a ‘nakal’ side and nobody is perfect. Just some people hide it better.”

Gue mau nyeritain keresahan gue mengenai sebagian orang yang merasa dirinya lebih baik, lebih beriman dari orang lain. Jadi belum lama ini, gue abis curhat sama temen gue cowo, sebenernya gue lagi ga pengen cerita samsek tentang masalah gue, tapi dia kaya nyuruh gue cerita gitu. Gue tau maksud dia baik, mungkin biar beban pikiran gue berkurang atau dia berusaha ingin membantu dengan memberikan solusi. Yaudalah gue cerita deh kalo gue lagi begini begini begini, oke dia nyimak sih emang, beneran dengerin, so far oke oke ajalah, nah begitu gue udah selesai cerita, dia mulai memberi tanggapan. Gue awal-awal kaya masih fine fine aja tuh, begitu mulai ke tengah, dia mulai mengecilkan perasaan gue, tentang emosi yang gue rasa. Dia bilang, “Tiap orang punya masalah, kalo kamu aku certain masalah aku pasti kamu ga bakal percaya, masalah aku lebih besar dari masalah kamu itu.” Wow!!! Mulai jadi “kaum mendang mending” nih manusia wkwkwk.

Oke lanjut lagi nih ya? Terus dia juga ada bilang, “Seharusnya kamu bisa sih healing diri kamu sendiri, ga perlu ke dokter, yang paling tau kita kan diri kita sendiri.” Yang gue tangkep adalah dia menganggap dateng ke professional untuk healing/konsul itu ga perlu, karena mestinya kita bisa nyelesaiin masalah kita sendiri. Hahahaha mas, gue ngelakuin ini kan namanya bagian dari ikhtiar? Kecuali gue malah dateng ke dukun. Nah baru deh tuh! Ini kan dateng ke tempat yang emang seharusnya? Ibaratnya kita lagi sakit nih, katakanlah yang ringan-ringan semacem batuk pilek, tapi ga sembuh-sembuh nih udah lama, terus kita mau berobat ke dokter biar sembuh lebih cepet, terus setelah kita berobat temen bilang, “Ngapain sih lo berobat? Nanti batuk pileknya juga sembuh sendiri, kita bisa kok nyembuhin diri kita sendiri.” Hahahaha you know what i mean? Kocak aja gitu gue dengernya. Orang berobat karena lagi ikhtiar buat sembuh malah digituin wkwkwk. Kalo emang sakitnya udah sampe ganggu aktivitas, masa ga boleh berobat sih? Berobat itu kan biar penyakitnya cepet sembuh, that's why dokter dan obat-obatan itu diciptakan. :))

Oke lanjut lagi sampe mana tadi? Oia, dia juga ada nanya gini, “Kamu solat ga?” Gue makin emosi dong ditanya gini, lah maksud lau ape? Gue jawab nada mulai ketus, “Ya solat lah!” terus dia nanya lagi, “Kalo subuh?” Whaaatttt???!! Makin emosi gue dengernya ye kan? Lah solat kan ada 5 waktu, maksudnya dia nanya gue subuh apa engga, berarti kan dia udah suudzon gue solatnya cuma waktu tertentu doang dong? Gue jawab dia sama ketusnya kaya tadi, tapi berusaha tetap sabar, “Ya solat lah.” Terus dia mulai semacam memberi tausiyah yang gue ga butuh, “Kalo begitu berarti solatnya diperbanyak, terus solatnya jangan cuma sekadar solat, tapi diresapi.” Ya Allah, asliiiiii gue udah males banget denger dia ngomong kaya gitu, gue udah ga mau dengerin ocehan dia lagi, tapi gue sekali lagi tetap mencoba sabar, meanwhile dia masih terus memberikan tausiyah-tausiyahnya itu. Gue jawab cuma kaya “Iya iya” doang, karena asli udah males banget gue. Terserah deh lau mau ngomong apa, gue lagi ga butuh tausiyah. Lagian kan dia yang minta gue buat cerita, padahal gue lagi males buat cerita, sekalinya cerita bener kan begini jadinya.

Another judgmental people, yang suka mengecilkan orang punya perasaan dan emosi, dan juga merasa dirinya lebih beriman dari orang lain, sampai ingin mendikte bagaimana seharusnya gue bersikap dan bagaimana seharusnya gue beribadah. Astagfirullah, sorry to say ya, kalo dia jadi psikolog/psikiater atau counselor, gue rasa pasien yang abis berobat sama dia malah jadi pengen suicide.

Baik, kita akhiri cerita mas-mas di atas, kita sambung dengan orang serupa tapi tak sama. Mundur lagi ke belakang, ke waktu gue masih kuliah. Kondisi gue waktu itu belum berhijab, rambut diwarnain, walaupun hanya warna “dark brown” tapi untuk sebagian orang, gue terlihat seperti “cewe bandel” atau “nampak kurang islami”. Suatu ketika, gue lagi dikasih tugas untuk presentasi oleh dosen di mata kuliah *sensor* hahaha. Dia bilang tema-nya bebas, boleh apa aja. Karena waktu itu gue lagi suka banget sama electronic music, dan bercita-cita jadi DJ haha, yaudah gue bikin presentasi tentang Disc Jockey, sambil gue sempet praktekkin virtual DJ di akhir presentasi. Gue ngejelasin dengan penuh antusias. Tapi apalah daya, alih-alih dapet apresiasi dengan tugas yang udah capek-capek gue bikin, begitu selesai malahan gue diceramahin.

What a shame! Waktu itu gue berasa dipermalukan di depan anak-anak sekelas, kesannya gue kaya objek percontohan “anak yang salah jalan.” Bapak aturan jadi ustadz aja sekalian, biar bisa ceramah di masjid gih, daripada nyeramahin saya di depan anak-anak yang lain, yang ada ceramah bapak ga masuk ke otak saya, malahan saya sebel sama bapak. Ini juga bukan cuma perasaan gue doang ya, buktinya temen gue juga masih inget kok sama kejadian itu, temen gue bilang, kalo gue di situ berasa kaya dipermaluin di depan kelas, bukannya diapresiasi atas tugas yang susah payah dikerjain, dan dia juga berasa kaya lagi ikut tausiyah, bukannya belajar matkul *sensor lagi*. HAHAHA!!! Waktu itu gue juga kalo mau nangis tapi gimana ya, kaya ketahan sangking malunya shaaayyy wkwkwk. Ketawan gue ikut tausiyah ustadz beneran daripada dengerin ocehan dia yang berasa paling beriman sedunia, tapi bikin mahasiswi-nya berasa jadi manusia paling berdosa sekelas.

Gue heran, kenapa sih banyak laki-laki modelan begini? Yang ngerasa dirinya udah soleh banget, sampe nge-judge orang yang kesannya kurang beriman dibanding dia, dan ngerasa superior? Capek banget! Gue sesama muslim loh, tapi di judge-nya udah kaya gitu, gimana sama yang bukan muslim? Lagi pula gue ngelakuin apa sih? Dia tau gue ngelakuin dosa apa aja? Emang catatan amalnya dia sama gue keliatan gitu banyakan mana? It’s okay kalo emang tujuannya mau dakwah, karena setau gue “sampaikan lah walau hanya 1 ayat.” Tapi dude, ga gitu caranya. Sesuatu yang niatnya baik, tapi kalo caranya salah ujungnya malah jadi ga baik.

Temen gue yang bule aja lebih bener mikirnya, dibanding mereka, orang-orang yang ngerasa lebih soleh itu. Temen gue pernah bilang, “I don’t think people should judge based on hijab or not, how they dress etc. Judge people based on how they treat others and the world. I think it’s just to also, in a subtle way try to say or show that they’re good or better. But reality is, everybody has a ‘nakal’ side and nobody is perfect. Just some people hide it better.” Nahhh!!! Begini baru bener mikirnya! Sampe capek gue menghadapi oknum-oknum berasa paling soleh kaya yang tadi gue certain.

Sebenernya masih ada lagi kejadian lain, tapi udalah ceritanya segitu aja, karena nyatanya emang banyak orang-orang modelan begini. Dunno whyyyy. Bye! :))

Comments

Popular Posts