Seandainya~

“Forgive yourself for not knowing what you didn’t know before you learned it.” — Maya Angelou

Kalo suka nonton film Harry Potter, pasti tau “time turner” kalungnya Hermione di film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban yang bisa untuk muter/ngembaliin waktu yang udah lewat. Fungsinya mirip kaya mesin waktunya Doraemon, tapi kalo Doraemon ceritanya dari teknologi canggih abad ke-22 dan mesin waktunya bisa muter ke masa lalu yang udah bertahun-tahun silam banget. Sedangkan time turner-nya Hermione bukan pake teknologi canggih tapi pake ilmu sihir, dan setau gue cuma bisa muter waktu yang ga terlalu jauh, karena di film ditunjukinnya kaya masih muter waktu di hari yang sama, beberapa jam sebelumnya aja. CMIIW.

Hermione's Time Turner

Mesin Waktu Doraemon

Btw, kenapa gue tiba-tiba bahas ini? Kok random banget? Tapi kan biasanya gue emang suka random. Pemicunya sebenernya receh banget sih, karena gue nemu meme ini di timeline instagram :

Gara-gara meme itu gue jadi mikir, ehm… menarik juga. Gimana kalo seandainya hal itu kejadian? Walaupun hampir ga mungkin sih. Tapi katakanlah itu beneran terjadi. Gimana kalo seandainya besok gue bangun tidur dan semua hal yang gue alamin selama 13 tahun terakhir ini cuma mimpi? Ini konyol sebenernya, tapi coba gue ngayal babu sejenak. Kalo aja ini beneran mimpi, atau kalo aja gue bisa muter waktu entah pake kalungnya Hermione atau pake mesin waktunya Doraemon, gue kepikiran untuk melakukan banyak hal dan berusaha memperbaiki sangat banyak hal yang kiranya bisa gue perbaiki. Gue berpikir kalo aja dulu gue ga melakukan hal itu, atau kalo aja gue ga milih ini tapi milih yang itu, atau kalo aja gue ga kenal sama orang itu. Apakah hidup gue akan jadi lebih baik sekarang? Jawabannya bisa “iya” tapi bisa juga “engga”.

Kata “seandainya” ini seperti menjebak, terdengar ada harapan di sana, tapi justru hanya angan-angan belaka, harapannya cuma di pikiran gue aja. Seandainya gue ga melakukan kesalahan itu, apakah gue bisa tau kalo hal tersebut adalah hal yang salah? Atau seandainya waktu itu gue ga ketemu sama orang-orang yang dulu nge-bully gue, apakah gue bisa jadi orang yang lebih menghargai orang lain seperti sekarang? Atau seandainya waktu itu gue ga milih pria-pria yang salah, apakah gue bisa jadi orang yang lebih logis dalam urusan relationship?

Nyatanya, setelah gue pikir lagi, justru karena dulu gue melakukan kesalahan itu, gue jadi tau kalo ternyata hal itu salah, karena pada saat itu gue emang bener-bener gatau kalo hal yang gue lakuin itu salah, gue pikir itu adalah sesuatu yang sah-sah aja untuk dilakukan. Begitu juga dengan orang-orang yang dulu pernah bully gue, katakanlah gue ga ketemu mereka semua, gue ga yakin gue bisa jadi orang yang lebih menghargai orang lain seperti sekarang, jadi lebih bijak nanggepin sesuatu hal, dan jadi ga suka ngeremehin orang. Atau kalo gue ga ketemu sama cowo-cowo yang salah, mungkin gue masih terus segitu naif-nya.

Seandainya itu semua ga terjadi, gue pilih jalan yang beda dari apa yang gue lakuin dulu, dan gue ga ngalamin kejadian-kejadian itu, gue ga ngelakuin kesalahan-kesalahan itu, gue ga ketemu orang-orang itu, gue rasa tetep aja nanti bakalan ada orang yang nyakitin juga dengan cara yang berbeda, yang emang hidup ini udah sepaket sama masalah. Mau milih jalan mana pun, tetep akan ada rintangan dan resikonya masing-masing, dan pada saat itu ujian gue emang lagi di situ, dalam keadaan mental, posisi, dan pengetahuan yang gue punya pada saat itu. Gue lagi disuruh belajar dari situ. Tapi dari semua kejadian itu pada akhirnya gue belajar banyak hal. Ga ada orang yang bener-bener expert di dunia, pasti ada hal-hal yang kita gatau, dan pasti akan ada kesalahan yang kita lakuin mau sehati-hati apapun kita. Kita semua first timer di dunia. Walaupun rasanya banyak banget yang ga enaknya, tapi kalo kata quotes yang gue suka liat di internet mah “everything happens for a reason.” Sekarang yang bisa gue lakuin adalah nyoba maafin segala kesalahan di masa lalu, karena masa lalu udah ga bisa diubah lagi, jadi belajar ikhlasin hal-hal itu. Ga gampang emang, siapa bilang gampang? Tapi at least mau nyoba :)

Comments

Popular Posts