Is He The One?

“Tubuh saling bersandar ke arah mata angin berbeda. Kau menunggu datangnya malam, saat ku menanti fajar.” – Pamit by Tulus

Belum lama ini gue di share link short movie sama temen gue, judulnya “Kisah 3 Tahun” dari channel: Chandu Studio. Menurut gue sih filmnya bagus, akting pemainnya juga natural, dan ceritanya kaya kena aja gitu di gue. Filmnya tentang pasangan muda yang hidup harmonis, cocok banget lah, se-frekuensi. Di awal film gue husnudzon mereka udah nikah kan, eh ternyata plot twist-nya boleh juga, karena ternyata mereka bukan pasangan yang menikah, melainkan cuma tinggal bareng aja. Ya kaya orang bule gitu. Singkat cerita, pada akhirnya seiring berjalannya hubungan mereka selama 3 tahun tinggal bareng, salah satu pihak (si cewe) merasa ingin meresmikan hubungan mereka kejenjang pernikahan, tapi pihak satunya lagi (si cowo) ga ngerasa harus melakukan hal itu dan merubah apa yang ada, karena mereka pun udah sepakat dari awal hubungan untuk ga nikah. Untuk ending ceritanya silahkan tonton sendiri aja biar seru, apakah mereka jadi menikah atau engga?

Yang menarik dari film ini adalah pas nonton gue jadi kaya semacam sadar. Sebelumnya gue pernah banget kepikiran kaya gitu. Maksudnya, gue kepikiran pengen tinggal bareng aja gitu gausah nikah, tapi gue sadar itu ga bisa gue lakuin, karena gue tau di agama gue itu ga boleh, karena itu zina. Jadi ya cuma ada di otak gue aja. Tapi terlepas dari itu semua, gue bukan bermaksud untuk nge-judge orang atas apa yang mereka lakuin, itu pilihan hidup orang masing-masing.

Yak balik lagi ke film tadi, gue bisa ikut rasain posisi cewenya, dan gue juga bisa rasain posisi cowonya. Kalo dari sisi cewenya, lambat laun dia berpikir ulang lagi tentang keputusan yang udah dia pilih, dan menurut gue itu wajar banget, karena orang itu constantly berubah kan, bukan berarti plin plan, tapi adalah hal wajar kalo apa yang tadinya kita pikir itu benar, ternyata seiring berjalannya waktu, kita berubah pikiran. Si cewe mungkin tadinya berpikir kalo kita saling sayang, yaudah jalanin begini aja juga gapapa, gausah pake nikah selagi saling jaga komitmen masing-masing, tapi setelah berjalannya waktu, sekarang si cewe berpikir kalo emang udah secocok itu, saling nyaman, dan makin yakin sama hubungan yang lagi dijalanin, kenapa engga untuk diresmiin aja dengan menikah. Karena si cewe butuh juga pengakuan atau semacam kepastian yang ikatannya lebih real (yang mana kalo nikah resmi mendapat pengakuan dari segi agama dan lembaga pernikahan negara). Tapi… Gue juga bisa paham posisi si cowo, yang punya issue sendiri dan bikin dia sampe sekarang ga percaya sama ikatan pernikahan. Jadinya, emang mereka harus saling mikirin ulang lagi, mau dibawa ke mana hubungannya (udah kaya lagu Armada wkwk). Pada akhirnya, lagi-lagi ini bikin gue sadar, mau secocok apapun kita sama pasangan, mau senyaman apa pun, kalo kita ga punya tujuan yang sama, ya tetep aja ga bakal ketemu, ga bakal berhasil hubungannya, karena beda arah.

Ada referensi lain, kalo pernah nonton film “500 Days of Summer”, ini ceritanya agak senada tapi beda. Ini gue spoiler gapapa ya jangan diomelin. Lagi pula ini film udah lama :p

500 Days of Summer

Tom and Summer

Jadi, diceritakan ada cowo namanya Tom, suka banget sama cewe namanya Summer, dan Tom dari awal ketemu Summer, udah ngerasa kalo Summer adalah “the one”-nya. Dari awal Summer udah bilang kalo dia gabisa untuk jalanin relationship. Sebenernya Tom berat untuk setuju, tapi karena udah terlanjur bucin sama Summer, jadi Tom mau-mau ajadeh FWB-an. Seiring berjalannya waktu Tom makin ngerasa keiket sama Summer, dan makin membangun harapan tinggi untuk bisa jalin relationship sama Summer, tapi kan dari awal mereka udah sepakat kalo Summer gamau kalo punya hubungan lebih dari temen. Terus yaudah deh, Tom patah hati. Ibarat kata mereka udah putus, bahkan sebelum jadian. Summer selama ini semacam ga percaya akan cinta, dan nyaris mati rasa sama cowo. Singkat cerita, selang beberapa waktu setelah Tom sama Summer pisah dan ngelanjutin hidup mereka masing-masing, Summer nemuin “the one”-nya sendiri dan pada akhirnya merubah pandangannya tentang sebuah relationship, dan Summer ngerasa yakin buat nikah sama cowo pilihannya itu. Tom bingung kok bisa sih cewe mati rasa kaya Summer mutusin buat nikah? Jawabannya se-simple, karena emang bukan Tom sosok yang Summer cari selama ini. Summer ga pernah yakin untuk jalanin hidupnya berdua sama Tom.

Gue jadi makin sadar, kenapa gue belum kunjung siap nikah sampe sekarang wkwk. Selain karena emang masih belum kepikiran ngurus anak, tapi juga karena belum nemu sosok yang bikin gue yakin aja, yang bikin gue pengen ngabisin sisa hidup gue berdua sama nih orang. Itu yang gue rasain sekarang, tapi gatau juga sih kalo tiba-tiba nemu “the one” yang bikin yakin, yang bikin gue ngerasa relationship itu mudah untuk dilakuin, ga banyak drama, dan lain-lain. Ya gada yang tau masa depan kan. Lambat laun gue bisa berubah pikiran kaya Summer atau kaya cewe di film pertama. Oia, gue jadi keinget Adam Levine (vocalist-nya Maroon 5), dulu dia itu juga kaya gamau nikah gitu, mantan-mantannya padahal kan cantik-cantik, tapi ga bikin dia pengen nikah, tapi kemudian pikirannya berubah saat jalin hubungan sama Behati Prinsloo. Adam jadi yakin pengen nikah. Gue dulu pas denger mereka tunangan aja ikut patah hati wkwk. How? Kok bisa sih Behati? Keren banget weyyy!!! Gimana cara ngerubah pikiran Adam Levine sampe bikin dia yakin? Hahaha yaaa kaya yang tadi gue bilang, berarti Adam nemu sesuatu di sosok Behati, yang bikin dia yakin untuk ngabisin sisa hidupnya sama Behati dalam ikatan pernikahan.

Buat orang-orang yang belum nemu sosok yang bikin dirinya yakin untuk ngabisin sisa hidupnya berdua, yaudah gausah dipaksain, nikmatin aja apa yang ada sekarang. Menurut gue perkara jodoh bukan ranah manusia. Gue tau kita juga perlu usaha, tapi kalo emang belum ketemu orangnya, ya mau gimana? Gabisa juga maksain. Kalo pernikahan cuma untuk sekadar status, buat apa? Sama aja terjun bebas dari atas tebing tanpa parasut dan pengaman. Kalo pernikahan cuma untuk sekadar status, mungkin gue udah nikah dari kemarin-kemarin atau bahkan dari tahun 2017 lalu. Gue selalu keinget pesen dari kakak gue yang punya 2 anak, dan juga pesen dari temen gue yang punya 3 anak. Kurang lebih mereka bilang gini: “Nikmatin aja dulu masa lajangnya, lakuin apa yang pengen dilakuin, mumpung belum nikah, belum punya anak, masih bebas, karena kalo udah nikah prioritasnya udah beda, ga sebebas pas masih lajang, karena udah bukan lagi hanya tentang diri sendiri, tapi juga tentang suami, anak, dll.” Go with the flow! Enjoy the ride! Gue percaya semua ada waktunya. Insya Allah. Lebih baik sekarang fokus ke diri sendiri dulu, karena hidup itu bukan cuma tentang nikah dan punya anak, gaissss! ;)

Comments

  1. Semangaaaat. Everything has a clock :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih del udah baca :) tapi mau disclaimer ini maksudnya bukan gue kebelet kawin, bukan banget wkwk

      Delete

Post a Comment

Popular Posts