Kapan Nikah?

"Kapan nikah?"
"Kalo ga sabtu ya minggu."

Setiap orang itu expect-nya kan kalo udah nikah bakalan awet ya sampe tua, bakalan sama nih orang sampe selama-lamanya, makanya gue salut sama temen-temen gue atau orang-orang terdekat gue yang decide untuk sehidup semati sama pasangannya. Ngeyakinin diri itu ga mudah loh, apa iya bener orang ini yang gue pilih untuk menghabiskan sisa hidup gue di dunia?

Nikah itu kan beda sama pacaran, bukan cuma haha-hihi, manjalita, yang kalo misal bosen atau berantem sama pasangan tinggal putus. Menurut gue, nikah itu gimana caranya lo nyatuin dua kepala yang pasti beda pemikiran, gimana caranya lo nurunin ego masing-masing, saling ngimbangin satu sama lain dan nyelarasin ritme.

Sebenernya gue ada ketakutan tentang “pernikahan”. Banyak faktor sih, mungkin karena trauma masa lalu liat ortu gue cerai, atau mungkin juga karena belum nemu pria yang bikin gue yakin, dan lain-lain. Gue tau kapasitas diri gue, gue sadar masih punya banyak PR buat benahin diri gue. Nikah itu seharusnya emang karena “udah siap”, dan yang tau kapan gue siap itu ya diri gue sendiri, dan tentunya Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Gue dulu bahkan sempet kepikiran, “enak ya jadi orang bule bisa tinggal bareng aja gitu gausah nikah”. Hahahaha somplak! Istighfar istighfar! Astaghfirullah! Sorry, itu hanya lintasan pikiran liar gue aja. Gue kadang juga suka mikir, kayanya enakan tinggal di luar negeri, kaya “you do you” gitu. Lo punya power to decide your own choices, tanpa takut dinyinyirin sama kanan kiri. Lo mau nikah umur berapa ya silahkan, lo gamau nikah sekali pun juga ya silahkan, lo mau nikah terus nunda punya anak dulu ya silahkan, lo mau langsung punya anak ya silahkan, pokoknya kaya lebih bebas nentuin pilihan gitu. Ga peduli omongan orang. Sebenernya itu bisa aja lo terapin di sini, tapi hati lo harus setegar karang, dan lo juga harus kenceng nutup kuping (gue gatau juga sih kalo hidup di luar negeri beneran bisa semerdeka itu buat nentuin pilihan atau engga, tapi kayanya mah begitu).

Btw, gue dapet wanti-wanti dari kakak dan temen gue yang udah nikah dan punya anak, mereka nyuruh gue untuk nikmatin masa lajang, puas-puasin selagi belum nikah dan punya anak. Temen gue juga bilang, “benerin diri sendiri dulu sebelum berumah tangga.” Benerin di sini maksudnya kalo lo masih punya masalah dengan diri lo sendiri, atau dengan luka batin masa lalu, dan lain-lain, lebih baik dibenerin dulu. If you know what i mean. Gue bingung sih ya jelasinnya gimana, cukup rumit memilih kalimat yang tepat di sini. Kalo mau diskusi tentang ini, enaknya diskusi secara lisan sih.

Jadi, kalo ditanya kapan nikah? Jawabannya Wallahu A’lam, gue gatau kapan waktunya, gue percaya Allah lebih tau kapan waktu terbaik. Rasa pengen nikah itu ada (naturalnya manusia kali ya), tapi yang tadi gue bilang, gue tau betul kapasitas diri gue saat ini. Sekarang gue masih fokus sama diri gue, ngerjain “PR” gue yang banyak itu, sambil nyiapin diri gue untuk ke fase itu, pelan-pelan ngubah mindset biar gue ga takut nikah. What about you?

Comments

  1. Nah iya bener. Namanya nikah mah kan udh ditulis sama Allah kapan waktunya kita nikah. Sebelum hari itu tiba ya kita perbaiki diri dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi fase di mana fokus sama diri sendiri aja ya jan

      Delete

Post a Comment

Popular Posts